Pages

Tuesday, April 17, 2012

Tips Mengalahkan Uang, "semua karena uang"

Mengapa uang selalu berkuasa di dunia? Ya memang benar uang berkuasa, tapi tak selamanya uang berkuasa di dunia ini. Doa yang diyakini dengan iman lah yang sebenarnya harus diterapkan dalam menjalani lika-liku kehidupan yang selalu terdapat banyak rintangan yang menghadang. Dengan iman yang teguh, uang bisa tunduk kepada kita bukannya kita yang tunduk kepada uang. Jika iman tidak kita pegang maka uang akan berkuasa terhadap kita dan dosa-dosa lah yang akan terus menghampiri kita. Tak perlu kita selalu memikirkan uang, uang, dan uang tetapi cara dalam menyikapi kehidupan inilah yang harus diperhatikan. Dengan begitu, mantapnya kehidupan kita yang didasarkan dengan iman mampu mengalahkan segalanya termasuk uang.

Seperti kasus yang akan dijelaskan nanti oleh saya sebagai penulis artikel ini, saya akan menceritakan begitu beratnya menjalani tugas sebagai aparat negara sehingga sulit membedakan mana yang hak dan bukan hak serta mana yang kewajiban dan bukan kewajiban.

Kasus: Hari telah berganti dan saya sebagai aparat negara yang tugasnya menertibkan dan mengatur lalu lintas bersiap-siap untuk menjalani tugas pokok saya. Ketika sedang bertugas saya banyak menemui orang yang melanggar aturan di jalan raya. Sebagai aparat tentunya saya harus menertibkan mereka, tapi apa daya tidak semua bisa saya tertibkan dikarenakan banyak pengguna jalan raya yang menghiraukan saya ketika pengguna jalan ini melanggar aturan.

Pada saat penertiban berlangsung, kesabaran saya diuji dan berbagai pemikiran pun mulai muncul dari yang positif hingga negatif. Saat itu juga banyak pengguna jalan yang mengeluarkan uang "Katanya sih sebagai uang damai". Saya sebagai aparat negara tak punya pilihan lain selain mengambil uang tersebut dikarenakan begitu banyak pengguna jalan yang melanggar sehingga bisa membuang-buang waktu saya dalam bertugas mengatur jalan. Dan saya pikir uang itu merupakan hak saya karena saya telah membantu para pengguna jalan dalam mengatur jalan raya hingga menjadi tertib. Tapi saya juga tahu dimata pengguna jalan yang memberikan uang damai, mereka pasti membicarakannya kepada banyak orang sehingga citra saya menjadi tak baik di mata mereka, tetapi mengapa saya selalu melakukan tindakan tersebut? Seperti yang telah dibicarakan dari awal, iman yang teguhlah yang harus diterapkan dalam menjalankan tugas sehingga uang tidak dapat berkuasa terhadap kita.

Dari kasus ini dapat kita simpulkan, ternyata pelanggaran hak asasi manusia masih terdapat di dalam cerita di atas seperti kita mengambil yang bukan hak kita apalagi menyangkut kewajiban terhadap negara dalam menjalankan tugas sebagai aparat negara. Hal itu tidak patut dicontoh oleh para generasi penerus dan yang akan datang karena bisa merusak manusia itu sendiri yang telah dipengaruhi oleh uang. Jadi, teguhkanlah iman kita selagi masih ada banyak waktu supaya jalan kehidupan kita dapat berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya serta mencapai kesuksesan yang begitu berarti. Salam sukses!

1 comment: